Bdg TodayPemerintahan

Komisi III DPRD Jabar Dorong Samsat Wilayah DKI Jakarta Jadi Penopang PAD Jabar

195views

bdgtoday.com /DKI Jakarta- Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat dorong peningkatan pelayanan di Samsat Bersama Tiga Provinsi yang beroperasi di wilayah Polda Metro Jaya. Sebagai daerah penopang, samsat bersama berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dari sektor pembayaran pajak dengan berbagai kemudahan.

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat, Deden Galih menyebutkan, Samsat Bersama Tiga Provinsi memiliki peran penting dalam menyerap Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Provinsi Jawa Barat dari sektor pembayaran pajak bermotor.

“Banyak masyarakat Jawa Barat yang bekerja di wilayah DKI Jakarta, sebagai daerah penyangga pendapatan dari wilayah Bekasi, Depok atau yang berbatasan langsung dengan wilayah ibukota,” ujar Deden di Kantor P3D Tiga Provinsi, Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Deden melanjutkan, sektor pajak kendaraan bermotor sangat penting dalam meningkatkan PAD Jawa Barat. Oleh karena itu, pajak kendaraan harus bisa dimaksimalkan dengan baik. Terlebih dengan mengutamakan pelayanan yang mengedepankan kesadaran bagi Wajib Pajak (WP) untuk membayar pajak tepat waktu.

“Kami mengapresiasi layanan yang sudah berjalan, seperti WP yang di awah satu tahun bisa di proses disini, sehingga tidak menyulitkan WP untuk melksanakan kewajibannya,” tambah Deden.

Kepala Pusat P3D Kota Bekasi, Dani Hendrato mengatakan, Samsat Bersama Tiga Provinsi ini memiliki peran strategis dalam menjalankan pelayanan kepada masyarakat Jawa Barat. Sehingga, pihaknya berorientasi untuk selalu meningkatkan pelayanan agar mencapai target pendapatan daerah Provinsi Jawa Barat.

“Inovasi pelayanan untuk memudahkan pelayanan sektor pembayaran pajak menjadi salah satu prioritas kami bagi waga Jawa Barat. Di wilayah kabupaten kota di Jawa Barat ada pelayanan Samling atau Samsat Keliling yang sifatnya jemput bola kepada WP,” ucap Dani.*