Pendidikan

Siswa SMAN 1 Cisarua Raih Juara 1 Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2023

202views

bdgtoday.com /KAB. BANDUNG BARAT-Siswa SMAN 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat telah berhasil lewat karyanya bisa menumbuhkan tanaman Luar biasa.

Produk ini dikembangkan oleh dua siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler Student Company, Elza Nailatussyafa’ah dan Gina Arisa.

Produk tersebut mengantarkan Elza dan Gina meraih medali emas dengan menjadi Juara 1 Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2023 pada kategori kriya.

Elza menjelaskan, keajaiban ini terjadi sebab pensil tersebut menyimpan benih tanaman di ujung pensil. Sehingga, ketika sudah memendek dan tidak lagi bisa dipakai, pensil ini tak perlu dibuang, tinggal disimpan di media tanam.

“Dengan disiram berkala, tunggu lima hari maka akan muncul tanaman sayuran atau bunga sesuai nama yang tertera di tutup pensil,” ungkapnya saat ditemui di sekolah, Selasa (3/10/2023).

Sedangkan Gina menuturkan, segmentasi produk tersebut dibuat untuk anak-anak. Ia ingin menunjukkan keajaiban sederhana tersebut sebagai pengalaman menyenangkan bagi anak-anak. Ia berharap, Patlot dapat mengurangi waktu menonton anak-anak dengan belajar menulis dan menggambar yang menyenangkan.

Produk ini dibuat dengan kerja sama dari tiga pihak, yakni Edi Craft sebagai penyedia tutup pensil, Kedai Kayu untuk produksi pensil, dan Cemara Papper sebagai penyedia buku bergambar yang terbuat dari kertas daur ulang. Sehingga, selain nilai fungsinya, nilai edukatif bisa menjadikan keramahan lingkungannya.

Dua siswa Elza dan Gina, saat ditemui, menjelaskan, mulai merilisnya sejak bulan Maret lalu, Patlot telah meraup laba bersih sebesar 2,1 juta rupiah! Jumlah yang fantastis untuk bisnis seumur jagung ini. ujarnya

“Bagi Elza dan Gina, prestasi yang diraih ini tak lepas dari peran pembimbing dan dukungan sekolah, baik secara moral maupun moril.

Sementara itu, bagi Guru Pendamping FIKSI SMAN 1 Cisarua, Wawan Sudrajat dan Irfan Wahyudin, kerja keras adalah kunci keberhasilan dua siswa kelas XII tersebut meraih juara 1 FIKSI tahun ini.”pungkasnya