Pilihan Redaksi

PDAM Tirtawening Kota Bandung Pastikan Air Waduk Jatiluhur Dimusim Kemarau Tetap Aman

169views

Bdgtoday.com /KOTA BANDUNG-Direktur Utama PDAM Tirtawening, Sonny Salimi bersama Ketua dan sejumlah anggota DPRD Kota Bandung melakukan kunjungan ke Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Selasa (10/10/2023).

“Waduk Jatiluhur yang merupakan waduk akhir dari beberapa waduk di cekungan Bandung yang dikelola oleh Perum Jasa Tirta Dua debit airnya masih aman meski kemarau panjang. Waduk ini pun mendapat perhatian dari PDAM Tirtawening Kota Bandung sebagai alternatif bila menghadapi kemarau panjang seperti tahun ini.

BACA JUGA : Siswa SMAN 1 Cisarua Raih Juara 1 Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2023

“Kunjungan tersebut untuk memastikan ketersediaan air di waduk Jatiluhur di musim kemarau panjang cukup aman.

“Sonny mengatakan, tidak menutup kemungkinan ke depannya PDAM Tirtawening Kota Bandung akan melakukan kerja sama dengan pengelola waduk ini,” katany

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bandungg Tedy Rusmawan mengatakan, dengan kunjungan ini, pihaknya lebih mengetahui skema kerja sama yang ditawarkan dan akan dijalankan oleh Perumda Tirtawening dan Perum Jasa Tirta (PJT) II.

BACA JUGA : Pemdaprov Jabar Sudah Distribusikan 15 Juta Air Bersih

“Jadi bukan hanya anggaran yang kita ketahui dari kerja sama ini. Melainkan juga skema kerja samanya. Karena kalau untuk pembiayaan kabarnya kita mendapat bantuan dari pemerintah pusat. Sehingga, untuk sementara belum membutuhkan penganggaran dari APBD Kota Bandung,” ujar Tedy

Kerja Sama Berpeluang Positif bagi Kota Bandung Tedy mengatakan, kerja sama ini merupakan peluang positif bagi Kota Bandung untuk mendapatkan suplai air baku.

“Kita dapat informasi terutama dari PJT II bahwa ada tawaran alternatif air untuk Kota Bandung tentu kondisi Kota Bandung yang saat ini merasakan kita tergantung dari pusaran Kota Bandung, dari PJT II kita harus lakukan penjajakan dan kita harus membuka ruang pembahasan makanya kita di undang hari ini tentu kita mendengarkan berbagai papaparan,” .

Tedy menyampaikan rasa terima kasih kepada Perumda Tirtawening Kota Bandung, karena sudah berprogres.

Dengan harapan, siapa pun pemimpinan Kota Bandung kelak, bisa mendorong kerjasama ini karena kebutuhan air adalah kebutuhan yang mendasar.

“Mudah-mudahan, siapa pun pemimpinya air kebutuhan pokok harus diupayakan, di saat kondisi kita seperti ini. Dan kita melihat kondisi puncak el Nino air masih tetap terkendali,” ucapnya.

Hal ini diakibatkan karena kemarau Panjang yang mengakibatkan saluran air ke pelanggan menjadi terganggu.

Seperti diketahui ketersediaan air di sejumlah waduk yang menjadi sumber air PDAM Tirtawening Kota Bandung semakin berkurang.