Pilihan Redaksi

Masalah Wali Kota Bandung Yana Mulyana Resmikan Gedung ANNAS Bandung

173views

Bdgtoday.com /BANDUNG – Wali Kota Bandung Yana Mulyana dikecam berbagai pihak, salah satunya dari Setara Institute dikarenakan meresmikan Gedung Dakwah Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) yang berlokasi di Jalan RAA Martanegara No 30, Turangga, Kota Bandung pada Minggu (28/8).

“Pertama, Setara Institue mengecam keras kehadiran wali kota dan aparatur negara di Kota Bandung serta dukungan mereka terhadap ANNAS. Apa yang dilakukan oleh Wali Kota Bandung dan aparat pemerintah di Kota Bandung jelas merupakan keberpihakan nyata dan fasilitasi aktif kepada ANNAS,” dipetik pada keterang resmi Setara Institute yang diterima, Selasa (30/8-2022

Menurut data riset Setara Institute, kerap kali ANNAS menjadi pelaku pelanggaran kebebasan beragama/ berkeyakinan pada kategori aktor non-negara.

Selain itu, pernyataan Yana dalam sambutannya, yang membingkai kelompok-kelmpok yang menjadi objek gerakan ANNAS seakan ‘tidak diakui negara’ merupakan pernyataan dan sikap intoleran.

“Kedua, kehadiran dan apresiasi yang diberikan oleh Wali Kota Bandung telah mencederai rasa keadilan korban intoleransi, terutama Komunitas Syiah, yang secara berulang menjadi korban intoleransi dan pelanggaran atas kebebasan beragama/ berkeyakinan oleh ANNAS,” sambung isi keterangan tersebut.

Sehingga kejadian dari kegiatan Walikota Bandung Yana Mulyana pada peresmian Gedung Dakwah Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) menjadi perbincangan masyarakat luas.