Nasional

Google Akan Hapus Jutaan Akun Gmail Walau Sudah Verifikasi Dua Langkah

100views

Bdgtoday.com / Induk perusahaan Google, Alphabet akan menghapus jutaan akun Gmail dalam waktu dekat. Tenang, ada beberapa kriteria akun Gmail yang dihapus. Sebaiknya simak kriteria berikut agar akunmu tidak menjadi bagian dari jutaan akun yang akan dihapus oleh Google.

Melansir Blog Google, perusahaan teknologi raksasa berbasis di Amerika Serikat ini mengeluarkan kebijakan penghapusan jutaan akun Gmail demi keamanan dunia maya.

Google menyebut akan melakukan penghapusan terhadap akun Gmail yang tak aktif, minimal selama 2 tahun. Akun Gmail yang akan dihapus oleh Google mencakup semua konten yang tersimpan di Google Workspace; Gmail, Dokumen, Drive, Meet hingga Google Foto.

Jadwal penghapusan akun Gmail akan dilakukan Google pada akhir tahun ini, Desember 2023.

“Mulai akhir tahun ini, jika Akun Google tidak digunakan atau tidak digunakan selama minimal 2 tahun, kami dapat menghapus akun dan kontennya โ€“ termasuk konten dalam Google Workspace (Gmail, Dokumen, Drive, Meet, Kalender) dan Google Foto,” tulis Google dalam blognya baru-baru ini.

Google menjelaskan, hasil analisis internalnya menyebut akun Gmail yang sudah tak aktif minimal 2 tahun, rentan ancaman pelaku kejahatan siber.

Biasanya para pelaku akan menggunakan akun Gmail yang sudah tak aktif untuk berkamuflase di dunia maya.

Jika hal tersebut terjadi maka akan merugikan pemilik asli akun Gmail.

“Analisis internal kami menunjukkan akun yang ditinggalkan (tidak digunakan) setidaknya 10x lebih berisiko terkena ancaman daripada akun aktif yang padahal sudah memakai verifikasi dua langkah,” ungkap Google.