Pendidikan

Disdik Jabar Mengoptimalkan SDM Diberbagai Bidang Pada Sekolah Kejuruan

191views

bdgtoday.com/BANDUNG – Melalui sekolah menengah kejuruan (SMK), Disdik Jabar terus mengoptimalkan peningkatan sumber daya manusia di berbagai bidang. Salah satu upaya yang ditempuh adalah memperluas jejaring kerja sama dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja (DUDIKA).

“Dari awal tahun 2023 hingga hari ini, SMK di Jawa Barat sudah menjalin 696 kerja sama dengan DUDIKA,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya pada kegiatan FGD Identifikasi Kebutuhan SDM Peningkatan Kapasitas Sektor Transportasi & Logistik di Mercure Hotel, Kota Bandung, Jumat (2/2/2024).

Selain memperluas jejaring, Disdik Jabar juga menempuh berbagai upaya untuk peningkatan SDM. Mulai dari penyelarasan kurikulum, pembelajaran berbasis industri, pengembangan kompetensi guru, pemenuhan fasilitas sesuai standar industri hingga penguatan pendidikan karakter.

Menyoal logistik, Kadisdik menjelaskan, sebanyak 23 SMK di Jabar sudah memiliki kompetensi keahlian di bidang tersebut.

FGD tersebut diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia melalui Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Kegiatan ini juga dihadiri Asisten Deputi Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja, Chairul Saleh dan tamu undangan lintas bidang lainnya.