Pemerintahan

Anggota Panwaslu Kecamatan Dilantik, Yana Berharap Tingkat Partisipasi Naik

108views

bdgtoday.com / KOTA BANDUNG – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap tingkat partisipasi masyarakat pada pesta demokrasi tahun 2024 mendatang bisa meningkat. Tak hanya angka partisipasi yang meningkat, Yana juga juga berharap berjalan aman dan lancar. “Saya harap para penyelenggara pemilu bisa melaksanakan pesta demokrasi dengan lancar dan aman,” kata Yana pada Pelantikan Anggota Panwaslu Kecamatan se Kota Bandung, di Clove Garden, Kamis 27 Oktober 2022.

Ia berharap, terbentuknya Panwaslu kecamatan tersebut mampu meningkatkan partisipasi masyarakat selama pemilu nantinya. Bahkan tahun pemilu nantinya banyak usia muda yang menjadi pemilih pemula.

“Jadi pemilih pemula 2024 akan besar, sehingga tentunya apresiasi KPU juga Bawaslu harus dilakukan untuk meningkatkan partisipasi tetap bisa tinggi. Saya harap diatas 80 persen (tingkat partisipasi),” katanya.

Soal pemberitaan hoaks, Yana mengatakan, untuk menangkal hal itu agar para panitia mampu memberikan pemahaman pentinya pemilu.

“Penyelenggara pemilu harus berkolaborasi dengan jajaran kewilayah, menangkal hoaks sehingga tidak mengurangi minat pemilih agar tidak memengaruhi tingkat partisipasi. Itu harus dorong pemahaman betapa pentingnya 1 suara itu berarti,” pinta Yana.

Ia mengatakan, Panwaslu memiliki tanggung jawab yang besar dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024.

“Saya berharap dapat menjalankan amanah secara profesional,ย  jujur dan taat hukum sehingga pemilu di Kota Bandung tahun 2024 berlangsung adil, aman, lancar dan berkualitas,” katanya.

“Saya berharap juga agar Panwaslu membangun kerja sama yang baik dengan semua pihak dalam rangka mendukung kinerja lembaga Panwaslu dalam mengawasi seluruh tahapan pemilu 2024. Dalam melakukan pengawasan ini, harus mampu membangun komunikasi yang intensif dengan seluruh instansi terkait,” imbuhnya.

Ia juga menghimbau kepada Panwaslu agar tidak takut terhadap ancaman apapun dan bekerja dengan sepenuh hati tanpa berpihak kepada siapapun, kecuali pada aturan hukum yang berlaku.

“Yakin pemilu di Kota Bandung akan belangsung dengan aman dan sukses sebagaimana kesuksesan pada pemilihan umum beberapa waktu lalu. Saya juga yakin masyarakat kota bandung sudah dewasa dalam berpolitik untuk menata demokrasi yang lebih baik di kota bandung,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Bandung, Zacky Muhammad Zam zam mengatakan, Bawaslu turut bertanggung jawab agar penyelenggaraan pemilu aman dan nyaman.

Menurut Zacky, penyelenggaraan pemilu tidak hanya pemilih yang pasif saja, tapi masyarakat ikut berkontribusi menjaga pemilu tetap kondusif.

“Karena pada pemilu tidak hanya jadi pemilih pasif saja, datang hanya ke TPS pada 14 februari 2024. Masyarakat bisa berkontribusi aktif menjaga pemilu ini berjalan kondusif sesuai aturan undang-undang yang berlaku,” katanya.

Pelantikan kali ini, dilaksanakan seluruh kecamatan di Kota Bandung yang beranggotakan sebanyak 90 anggota.

“Tentu dari 491 pendaftar yang mengajukan diri menjadi anggota Panwascam, 90 orang (terpilih) ini bisa amanah menjalankan tupoksi kewajiban masing-masing untuk mengawal Pemilu,” tuturnya.