Bdg Today

Dansektor 22 Bangun Tempat Pengolahan Sampah (TPS3R) di Daerah Bengkok Sangat Tepat

348views

Bdgtiday.com/ BANDUNG,   Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah (TPS3R) yang di gagas Dansektor 22 Citarum Kol. Inf. A. Rahman Taufik, sangat tepat karna pembangunan TPS3R tersebut bisa mengatasi sampah yang biasa warga membuang sampah sembarangan di wilayah daerah Bengkok Kelurahan Ciumbuleuit

Dengan diawali upacara seremonial yang dihadiri jajaran Tim JPCH, Danramil 0618 PS, Kapolsek Cidadap, Camat Cidadap Yasa Hanafiah dan Plt.Lurah Ciumbuleuit Purkon  serta para tokoh masyarakat, setempat

Dalam peninjauan lokasi pembangunan TPS3R hari tadi Dansektor 22 Citarum Kol. Inf. A. Rahman Taufik, didampingi Camat Cidadap Yasa Hanafiah dan Plt.Lurah Ciumbuleuit Purkon melakukan penghijauan melakukan penanaman pohon di sekitar lokasi TPS3R Subsektor 08-22, Kelurahan Ciumbuleuit RW. 01 Bengkok Kota Bandung, Kamis (24-01-2019).

Satgas Citarum Harum terus bergulir dalam rangkaian penegakkan revitalisasi Sungai Citarum untuk mengembalikan Kehidupan Ekosistem yang sempat menghilang di perairan sungai citarum karena penceremaran berbagai bakteri dan limbah yang dahsyat.

Penyempurnaan sterilisasi air sungai perlu beberapa faktor yang harus dilakukan, diantaranya penertiban Limbah dari pelaku industri, penertiban sampah rumahtangga dan industri, penghijauan lingkungan dari semua itu perlunya penekanan mindset masyarakat dan aparat yang terkesan kurangnya penegakkan hukum yang katanya sudah ada regulasi hukum dari pihaknya.

Semua itu hanya katanya karena berkat tindakan Pasukan Siliwangi dalam penertiban management status kandungan air sungai citarum berikut anak cucu cicitnya tanpa pergerakan lembaga terkait, yang kini berjalan hanya Pasukan Siliwangi dalam progres penegakkan Perpres No.15 Tahun 2018 yang kini viral dalam endusan Tim Jurnalis Peliput Citarum Harum.

Sektor 22 Citarum dikomando oleh Kol. Inf. A. Rahman Taufik, hari ini lakukan penghijauan di lokasi Subsektor 08-22, Kelurahan Ciumbuleuit RW. 01 Kota Bandung,

Kol.Inf. A. Rahman Taufik (Dansektor 22) mengatakan saat ditemui awak media ,Kami upayakan di wilayah Cidadap terutama penyelamatan lingkungan seperti TPS 3R yang kini berdiri tegak dan penanaman pohon di wilayah ini seluas 7.000 M2 Tanah Hibah, selain pelaksanaan Program Citarum Harum juga tindakan ini berupa penyelamatan atas hibahnya supaya tidak ada yang menyerobot” Tegasnya.

“Permasalahan yang kompleks di Kota Bandung untuk penyelamatan kondisi status air sungai, yang paling dominan adalah Tinja Masyarakat terdiri dari 26.000 KK yang belum memiliki Septick Tank sebanyak 61,28% hingga diperkirakan tinja yang dibuang langsung ke sungai sebanyak 6.373.129 kg per hari” Ucap Dansektor 22.

Sementara Camat Cidadap (Yasa Hanafiah) mengucapkan terimakasih atas gagasan   Dansektor 22 Citarum atas kinerjanya, beliau sebagai Trigger di Kota Bandung dalam Pembenahan Lingkungan, tanpa beliau kami susah dan tidak mudah untuk menegakkan penertiban kepada masyarakat, karena ketegasan dan disiplin militernya dalam menjalankan kinerja hingga tindakannya merupakan EDUKASI langsung, hingga masyarakat nurut” Ucapnya.

“Kami ikuti tindakan itu hingga kini Program Citarum Harum menjadi landasan pergerakan di Kecamatan Cidadap, terus terang untuk mendapatkan TPS 3R sangat susah bagi kami, selain biaya yang menjadi kendala juga lahan yang tidak ada, hanya satu gebrakan dari Pasukan Siliwangi kini TPS 3R berdiri”

TPS 3R dan lahan penghijauan seluas 7.000 M2, baru tertanam 100 pohon terdiri dari tanaman perdu dan tanaman produktif, yaitu Kayu Damar 50 pohon, Duren 10 pohon, Alpukat 30 pohon dan Pohon Nangka 10 pohon ditanam seputar Bangunan TPS 3R seluas 300 M2, yang nantinya TPS 3R ini akan diresmikan oleh Pangdam III/Slw

 (dn)*