Acara

Tokoin Roadshow: Platform Aset Digital Tokoin Siap Akselerasikan Industri Kreatif Bandung

654views

Bandung, 21 Februari 2019 – Tokoin, platform digital berbasis teknologi blockchain melanjutkan roadshow to Grand Launching untuk semakin dekat dengan pelaku-pelaku industri dan pecinta teknologi. Kini Tokoin mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Bandung, setelah sebelumnya Medan dan Yogyakarta.

Di kota ketiga roadshow, Tokoin menggelar meet up dengan format diskusi panel. Tema yang diusung adalah Tokoin Road to Grand Launching: From Rock Bottom to Rockstar, Growing Business Actors with Blockchain. Diskusi menghadirkan empat pakar sebagai pembicara yang dibagi menjadi dua panel, di antaranya;

  • Panel pertama akan dibawakan oleh Mutia Rachmi – Project Manager dari Tokoin dan Andri Handoko – Produk R&D Specialist dari Tokoin
  • Panel kedua akan dibawakan oleh Zebedeus Rizal Hantoro, Head of Business Community Development, Ralali.com dan Arifin Windarman, salah satu pendiri clothing line UNKL347.
photo by: miameldi

Tokoin berkomitmen dalam memfasilitasi para pelaku industri kreatif Bandung untuk mulai memaksimalkan pertumbuhan usahanya lewat teknologi. Pasalnya, industri kreatif di Bandung sangat beragam dan memiliki potensi bersaing di pasar berkembang taraf global jika dimaksimalkan dengan baik, khususnya pada sektor UMKM.

Hingga 2017, Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah menyebutkan bahwa Badan Pusat Statistik Kota Bandung mencatat terdapat 300 ribu UMKM. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung juga mencatat bahwa terdapat sejumlah 10.848 industri di Kota Bandung, dan sebanyak 89% diantaranya berskala kecil dan menengah. Jumlah yang mendominasi ini juga menyerap hingga 50.000 tenaga kerja.

Melihat potensi yang begitu besar, Tokoin ingin berkenalan langsung dengan para pelaku industri kreatif di Bandung. Pertumbuhan di UMKM di Bandung yang relatif pesat akan semakin maksimal jika para pelakunya mempunyai reputasi bisnis yang memadai dan ditambah lagi dengan infrastruktur teknologi yang tepat untuk menopang bisnisnya.

Sebagai Project Manager dari Tokoin, Mutia Rachmi mengungkapkan, “Kami melihat bahwa Bandung yang identik dengan industri kreatif sangat berpotensi untuk melahirkan aktor-aktor bisnis yang inovatif. Tapi kami juga paham, tantangan dalam memulai bisnis pasti ada. Dengan Tokoin, kami membantu para pebisnis dalam membuat credit scoring dalam bentuk buku besar digital, agar mereka dapat membentuk reputasi bisnis untuk membuka akses kepada bantuan solusi-solusi finansial dari mitra kami.”

Senada dengan Mutia, Andri Handoko, Product Development Specialist dari Tokoin juga mengungkapkan hal yang sama. “Teknologi di Tokoin mempermudah UMKM untuk membentuk credit scoring yang akan membantu mereka memiliki kemudahan akses bantuan bisnis. Ini yang akan semakin mempercepat akselerasi UMKM, khususnya industri kreatif Bandung,” imbuhnya.

Mutia menambahkan akan pentingnya sebuah platform yang mampu menjawab permasalahan reputasi bisnis dan kelayakan UMKM di mata lembaga-lembaga solusi bisnis, seperti institusi keuangan dan asuransi. “Tokoin memfasilitasi UMKM membentuk reputasi bisnis dalam bentuk Identitas Bisnis Digital dan Sistem Pembukuan Digital. Blockchain dalam hal ini dimanfaatkan untuk membentuk sebuah jaringan distribusi data yang efektif, aman, dan terpercaya,” pungkas Mutia.

Diskusi juga diperkaya dengan hadirnya inovator bisnis clothing asli Bandung, Arifin Windarman, salah satu founder UNKL347. Arifin mengatakan, “Kami memulai bisnis tahun 1996, berdasarkan kebutuhan akan peralatan surfing yang harganya terjangkau. Produk surfing luar (negeri) harganya mahal banget untuk mahasiswa. Tahun 1999-2000 adalah titik balik kami. Model produksi kami yang sebelumnya pre order, kami ganti menjadi bisnis retail. Produksi pre order kami lakukan setelah menerima down payment, jadi ketika kami mulai ke bisnis retail, cukup berat di modal produksi. Tapi kami berhasil mempertahankan management brand sampai sekarang.”

Rangkaian acara Tokoin Roadshow ini juga didukung oleh B2B marketplace Ralali.com sebagai Strategic Partnership Tokoin. Ada kesamaan misi yang membuat Tokoin dan Ralali.com berjalan beriringan untuk memajukan UMKM Indonesia.

Ralali yang diwakilkan oleh Zebedeus Rizal Hantoro, Head of Business Community Development, mengatakan,

Tokoin memiliki misi yang sama dengan kami, yaitu ingin menyediakan UMKM sebuah platform yang memudahkan mereka berakselerasi. Berpartner dengan Tokoin tentu saja menjadi perwujudan simbiosis mutualisme. Dari user-user yang sudah ada dalam platform kami (Ralali), Tokoin sudah memiliki basis pengguna yang siap difasilitasi. Dan bagi kami (Ralali), platform blockchain yang Tokoin kembangkan, memberikan nilai lebih atas data-data yang user Ralali input. User-user kami memiliki kesempatan mengembangkan bisnis lebih besar dengan implementasi blockchain,” pungkas Zebedeus.

Dengan jumlah lebih dari 59 juta unit UMKM yang dimiliki Indonesia, Tokoin bersama dengan Ralali.com ingin agar UMKM Indonesia dapat go digital dan mengembangkan bisnisnya secara lebih maksimal. Maka, melalui roadshow ini, Tokoin berharap agar semakin banyak UMKM yang menyadari pentingnya literasi teknologi untuk berakselerasi di pasar berkembang.

***

Press Contact

Name                : Oktafia Rachmawati Putri

Position            : Community Manager

Mobile              : +6285778019455

Email                 : community@tokoin.io; hello@tokoin.io

Social Media : Telegram @TokoinIndonesia

Instagram @tokoinofficial

Twitter @tokoinofficial

danixsofyan
Founder bdg today