Bdg Today

Sub 14-sektor 22 Menghadiri Sosialisasi Bina Wilayah TP PKK di Kecamatan Bandung Kidul

360views

Bdgtoday.com/BANDUNG, – Sub 14-sektor 22 menghadiri acara sosialisasi bina wilayah TP-PKK dalam rangka benahi Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Lingkungan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsinya sebagai satgas citarum harum, untuk menghidupkan kembali Ekosistem Air di tiap sungai.

Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini.

Hal diatas merupakan tema utama dalam kegiatan Bina Wilayah TP PKK yang diusung oleh Camat Kecamatan Bandung Kidul (Evi Hendarin, S.Sos., M.Ap.) dan Satgas Citarum Harum Sub 14-22 yang dipimpin oleh Peltu Syahril bertempat di Aula Kantor Kelurahan Wates Kecamatan Bandung Kidul, Senin (15/7–2019).

Satgas Citarum Harum lebih dominan berkegiatan dilapangan berbaur dengan masyarakat langsung bersamaan pemerintah kewilayahan, utamanya sub 14-22 secara masif di wilayah Kecamatan Bandung Kidul dalam sosialisasi pada masyarakat.

Peltu Syahril (Dansub 14-22) menyampaikan, “Pembenahan DAS Sungai Citarum dan Bantarannya menyebar ke tiap anak cucu cicit sungai yang bermuara di Sungai Citarum, supaya bersih dari limbah kimia dan domestik ternyata lingkungan bersih dan menata penghijauanpun sangat mempengaruhi pada Program Citarum Harum” Tegasnya.

Sementara Ketua TP-PKK Kota Bandung Siti Muntamah menegaskan  dengan adanya kegiatan  Bina Wilayah TP PKK, dalam upaya hidup bersih baik pada diri masing-masing apalagi lingkungan, yaitu jauh dari kotoran najis dan membuat tata ruang hijau, agar masyarakat lebih memahami arti pentingnya kebersihan lingkungan dan harus bisa membuat septick tank nya masing-masing. Dan berperan aktit membudayakan Kangpisman (Program Unggulan Kota Bandung) di masing-masing Kelurahan RW, RT dan Masyarakat nya”. tegasnya.

Kegiatan sosialisasi bina wilayah TP-PKK  dihadiri Ketua TP-PKK Kota Bandung Siti Muntamah (Umi), istri Wali Kota Bandung Oded M Danial, beserta jajaran, Camat Bandung Kidul (Evi hendarin, S.Sos., M.Ap.) dan jajaran, Para Lurah se Kecamatan Bandung Kidul dan Ibu ibu PKK dan Bhabinsa Bandung Kidul.

Evi Hendarin, menyampaikan, “Giat melaksanakan Bina Wilayah TP PKK Kota Bandung TA 2019 bertujuan membahas tentang ODF dan kebersihan lingkungan agar Ibu-ibu PKK bisa lebih berperan aktit partisipasi dilingkunganya” ucapnya.

“Betapa penting untuk mengingatkan tentang kotoran manusianya agar lebih masif lagi mengajak warga masyarakat membuat Septick Tank dirumah masing-masing.” imbuh Evi.