Bdg TodayPilihan Redaksi

Simak Penjelasan PDAM Tirtawening Atas Bocornya Pipa di Daerah Maleer

246views

bdgtoday.com/ KOTA BANDUNG-Pipa milik PDAM Tirtawening mengalami kebocoran di Rw.005 Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal Kota Bandung. PDAM memberi penjelasan soal bocornya pipa tersebut.

Sebagaimana diketahui, pipa yang mengalami kebocoran terjadi di Kelurahan Maleer Kecamatan Batununggal Kota Bandung pada Kamis (6/6/24) malam. Air menyembur hingga ke tengah Jalan.

Dirut Perumda Tirtawening, Sonny Salimi pun meminta maaf pada warga setempat yang terganggu dengan terjadinya kebocoran tersebut. Ia menjelaskan, hal itu disebabkan oleh dampak penyambungan pipa lama dan pipa baru.

Kami mohon maaf untuk warga daerah SPAM Gedebage. Mungkin masih ada beberapa lagi hal yang terjadi, terkait integrasi pipa lama ke pipa baru. Sehubungan adanya jaringan baru, tekanan tinggi, yang ini juga akan butuh pengawasan yang lebih baik lagi,” kata Sonny, Jumat (7/6/2024).

Ia menjelaskan, wilayah Sistem Pelayanan Air Minum (SPAM) Gedebage tengah mengalami integrasi antara pipa lama dan pipa baru. Pihak PDAM bakal memasukkan air dari instalasi barunya, di Cikalong.

Integrasi tersebut perlu dilakukan sebagai solusi untuk masyarakat di sana agar mendapat akses air minum yang cukup dengan tekanan yang cukup.

Ini memang sepertinya berturut-turut ya, tapi kan kita sedang membangun juga. Di SPAM Gede Bage ini adalah instalasi baru dan lama yang sedang kita integrasikan, tetapi dalam prosesnya tentu ada masalah. Pipa yang sudah tua, ada penyambungan yang kurang baik. Nah ini dalam rangka uji alir sehingga itu memang sudah terprediksi,” ucapnya.

Ia pun tengah mengusahakan agar tidak timbul terlalu banyak pipa yang bocor. Dari kebocoran tersebut, pihaknya pun berusaha melakukan antisipasi agar tidak terjadi lagi kebocoran kembali. Sonny juga menjamin bahwa kebocoran tersebut bakal langsung ditangani dan tidak akan mempengaruhi aliran air wilayah Ciwastra, Kota Bandung, dan sekitarnya.

Bocornya Pipa tersebut enggak berdampak ke aliran air. Karena justru pipa yang bocor itu karena tekanan tinggi, airnya banyak. Kita sedang menghitung volume real gitu ya. Karena kan kita baru ya, baru memasukkan sistem baru,” kata Sonny.

“Jadi sesungguhnya berapa sih demand di sana, kebutuhan air di sana. Kalau kelebihan tekanannya paling tinggi. Nah itu kita lagi dalam konteks trial and error,” Jelas Sonny.

Diberitakan sebelumnya, pipa milik PDAM Tirtawening mengalami kebocoran di Jalan Raya Margacinta, Kelurahan Cijawura, Kota Bandung, Kamis (6/6/2024) malam.

Pipa tersebut berada di pinggir jalan. Kemudian air dari pipa tersebut menyembur hingga ke area jalan raya. Arus lalu lintas pun sempat tersendat.”pungkasnya.