Bdg Today

Ketua DPRD Kota Bandung Dukungan Konselor Sebaya PIK Remaja Kota Bandung

131views

Bdgtoday.com / KOTA BANDUNG -Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan,. A.T., MM. menghadiri undangan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bandung (DPPKB), di Bandung Creative Hub, Kamis (28/10/2021).

Kegiatan ini dijalankan dalam rangka memberikan motivasi kader pendidikan dan konselor sebaya PIK Remaja Kota Bandung yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Acara ini menjadi salah satu langkah dalam membina pendidik dan konselor muda Kota Bandung sebagai pemberi inspirasi kaum remaja sebayanya agar terbentuk generasi muda yang bermartabat.

Dalam kesempatan ini, Tedy Rusmawan mengakui bahwa tugas konselor muda bukan tugas yang mudah. Akan banyak tantangan yang mereka hadapi terutama dengan teman-teman sebayanya.

“Tugas kalian saya akui adalah tugas yang berat, apalagi yang kalian hadapi yaitu teman-teman sebaya yang mungkin belum siap menerima saran dan masukan oleh teman sebayanya sendiri. Tentu kita harus bisa memberikan masukan-masukan yang sesuai dengan karakter masing-masing teman kita,” kata Tedy.

Tedy menyampaikan bahwa tugas konselor itu adalah tugas yang mulia. Sebagaimana tugas konselor adalah mendorong untuk mengembangkan potensi teman, agar mampu bekerja produktif, dan menjadi manusia mandiri.

Di samping itu adalah agar teman sekeliling mampu mencapai kehidupan berdaya guna untuk keluarga, masyarakat dan bangsanya.

“Kita turun di tengah-tengah masyarakat harus diniatkan untuk meraih rida Allah SWT agar kita menjadi orang yang bermanfaat baik di dunia dan di akhirat nanti. Insyaallah tugas kita bisa menjadi amal baik di mata Allah SWT,” tuturnya.

Tedy juga menyampaikan tiga poin yang harus dihindari guna menjadi generasi yang bermartabat dan berkarakter.

“Saya ingin berpesan kepada adik-adikku semua, hindari 3 hal yaitu pernikahan dini, seks pranikah dan napza. Insyaallah masa muda kita tidak hanya mencari hiburan semata, namun bisa bergerak produktif sebagai generasi yang berkarakter,” kata Tedy.

Dalam kesempatan itu, Tedy menyampaikan pentingnya penggunaan internet dengan baik dan bijak.

“Satu hal penting juga di era digital seperti sekarang yaitu tetap bijak dalam menggunakan internet. Banyak sekali kegiatan positif dan produktif ketika berselancar di internet. Inovasi bisnis bisa kita dapatkan dari internet, ensiklopedia, menyalurkan hobi musik, bahkan gaming pun akan bisa menjadi hal yang positif apabila kita bisa membaca peluang di masa digitalisasi ini, agar generasi Kota Bandung mampu mencetak generasi yang berprestasi dan membanggakan,” ujar Tedy.*