Bdg TodayInfo Terkini

Dinkes Pangkalpinang Study Banding di Kota Bandung

463views

Bdgtoday/Bandung- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang melakukan kunjungan kerja ke Dinkes Kota Bandung, Rabu (24/10/2018). Rombongan Dinkes Pangkalpinang yang dipimpin Sekretaris Dinkes, Suroyanto diterima oleh Sekretaris Dinkes Kota Bandung, Nina Manarosana.

Suriyatno mengatakan, kunjungannya ke Kota Bandung dalam upaya meningkatkan pelayanan di semua aspek. “Kunjungan kami untuk mempelajari bagaimana pengelolaan dan pelaksanaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Kami ingin mengetahui apa yang menjadi kendala dan apa saja aturan yang harus dipenuhi,” katanya.

BLUD adalah sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis dinas/badan daerah dalam memberikan pelayan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Kota Bandung, Nina Manarosana dalam keterangannya menuturkan, BLUD dipilih karena pertimbangan kondisi kerja pegawai daerah yang disiplin kerjanya rendah, SDM kurang memadai, sumber pendanaan terbatas, tata kelola yang kurang baik, kurang mampu bersaing, serta pengelolaan keuangan sangat rigid dan kurang transparan.

Tujuannya dibentuknya BLUD adalah, untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat tanpa mencari keuntungan dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Sedangkan fleksibilitas dalam BLUD berupa keleluasaan dalam pola pengelolaan keuangan dengan menerapkan praktik bisnis yang sehat,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Nina juga menyampaikan upaya Dinkes Kota Bandung dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga. Melalui puskesmas juara dan pelayanan juara, Dinkes Kota Bandung terus berusaha meningkatkan pelayanan.*(ds)*