Pembangunan

Abdul Harris Bobihoe Hadiri Peresmian Gallery Rasulullah Di Masjid Al-Jabbar

149views

bdgtoday.com / BANDUNG – Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Jabar Abdul Harris Bobihoe menghadiri acara peresmian Gallery Rasulullah yang bertempat di Masjid Al Jabbar, Jalan Cimencrang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Senin (28/03/2023).

Kini galeri yang mengisahkan perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW dan perkembangan masuknya Islam ke Nusantara hingga Jabar itu sudah dapat dikunjungi oleh masyarakat.

“Tanggal 27 Maret Galeri Rasulullah diresmikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil,
dalam sambuyannya Gubernur Jawq Barat mengatakan fasilitas istimewa, namanya Galeri Rasulullah dan perkembangan sejarah Islam di Indonesia dan Jawa Barat, saat ini sudah bisa dikunjungi oleh masyarakat umum,” katanya

Gub Jabar menuturkan, untuk menjaga ketertiban di galeri dan keterbatasan tempat, masyarakat yang akan mengunjungi galeri harus terlebih dulu mendaftar secara online di aplikasi Sapawarga.

Galeri Rasulullah dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar bekerja sama dengan Sembilan Matahari.

“Pendaftaran dilakukan secara _online_ melalui aplikasi Sapawarga,” ucapnya.

Galeri Rasulullah SAW yang berada di lantai satu Masjid Raya Al Jabbar ini menampilkan secara detail mulai dari sejarah pada zaman jahiliah, kelahiran Rasulullah, menerima wahyu, penyebaran agama Islam, hingga Rasulullah wafat.

Tak hanya itu, galeri yang 50 persennya dikemas secara digital itupun menampilkan sejarah berkembangnya Islam di seluruh dunia hingga masuk ke Nusantara dan Jawa Barat.

“Ini sangat padat dan banyak informasi yang bisa dijadikan ilmu pengetahuan oleh masyarakat. Mudah-mudahan menjadi sebuah kebanggaan,” ujarnya Ridwan Kamil

Ia mengatakan, pembangunan Masjid Raya Al Jabbar dibagi kedalam empat bagian, yakni masjid, galeri, taman, dan kolam rentensi pengendali banjir.

“Kawasan Al Jabbar terbagi empat bagian, di antaranya terdapat galeri pengetahuan keislaman yang sangat komprehensif, dan di bagian luar ada danau pengendali banjir,” tuturnya.

BACA JUGA : Abdul Harris Gelar Rapat LKPJ Bersama Jajaran OPD Jabar

Gub Jabar berharap hadirnya Galeri Rasulullah semakin meningkatkan suasana religi Masjid Raya Al Jabbar dan menjadi kebanggaan masyarakat.

“Mudah-mudahan ini meramaikan suasana wisata religi yang memang menjadi kebanggaan kita semua dengan kehadiran Galeri Rasulullah,” pungkasnya

*