Bdg TodayInfo Terkini

Suasana Yang Berbeda Apel Pagi Di Pemkot Bdg, Dalam rangka Hari Santri Nasional

932views

Bdgtoday/Bandung-Ada suasana yang berbeda ketika apel pagi mengawali aktivitas di Balai Kota Bandung, Senin (22/10/2018) ini. Para pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dari mulai kepala perangkat hingga staff ramai-ramai berpeci dan berkoko.

Para pegawai mengenakan peci dan koko ternyata dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh tepat pada hari ini.

“Sesuai arahan Pak Wali Kota, kita mengenakan pakaian yang berbeda dari biasanya,” ungkap Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Elly Wasliah yang menjadi pembina apel di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana.

Arahan yang beredar melalui grup-grup internal pegawai Pemkot Bandung, seluruh kepala perangkat daerah dan seluruh Aparatur Sipil Negeri (ASN) Pemkot Bandung diwajibkan mengenakan pakaian yang menunjukkan ciri khas santri.

Pakaian dimaksud adalah, laki-laki mengenakan atasan koko berwarna putih, bawahan celana gelap dan peci nasional. Sedangkan perempuan mengenakan pakaian muslim berwarna putih.

“Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional,” ujar Elly yang mengenakan baju dan kerudung putih.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Bina Sosial Keagamaan Bagian Keagamaan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Bandung, Latief mengemukakan, Pemkot Bandung bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama kota Bandung mendukung Hari Santri nasional. Salah satunya dengan mengadakan halakah para alim ulama dan santri. Selain itu juga memberikan dukungan untuk perkemahan pramuka santri dengan mengirimkan santri ke Jambi.

“Kami pun memberikan bantuan bagi guru tahfiz di ponpes, mengerahkan massa dari kalangan santriawan, santriawati dan majelis taklim untuk memeriahkan Hari Santri Nasional,” sebutnya.

Menurutnya, semangat yang bisa ditularkan bahwa hari santri bukan hanya milik pesantren saja tapi milik bangsa Indonesia. Santri punya peran dan tanggung jawab strategis untuk melakukan perjuangan perdamaian.

“Santri pun punya peran membuat rukun, bersatu, dan menyebarkan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin,” imbuhnya.(ds)***