Bdg Today

Wali Kota Ajak Muslim Peduli Lingkungan

36views

Bdgtoday/SEBAGAI khalifah di bumi, manusia harus saling menjaga termasuk menjaga alam dengan tidak merusaknya seperti membuang sampah sembarang. Merusak lingkungan merupakan perbuatan buruk yang merugikan semua baik manusia, hewan dan alam itu sendiri.

“Kita hidup di dunia tidak bisa hidup sendiri. Sebagai khalifah yang dipercaya Allah SWT, kita harus dapat mengelola dan menjaga alam ini. Dengan tidak merusaknya, itu menujukan bahwa kita sebagai umat yang bertakwa,” ujar Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat khotbah salat Jumat di Masjid Al-Aziz, Jalan Rancabolang, Kota Bandung, Jumat (27/12/2019).

Terkait dengan hal itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui program Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan Sampah (Kang Pisman) berupaya mengajak seluruh masyarakat supaya peduli dan peka terhadap kondisi lingkungan.

“Pemkot Bandung terus mengingatkan (pentingnya menjaga lingkungan) kepada masyarakat. Melalui Program Kang Pisman, upaya menjaga lingkungan terus digaungkan. Saat ini, lingkungan dan alam perlu perhatian lebih dari kita,” tuturnya.

Tidak hanya itu, wali kota mengajak kepada masyarakat untuk selalu mencintai Alquran. Salah satu bentuknya, dengan rajin membaca Alquran dan mengamalkan isi kandungannya dalam berkehidupan sehari-hari.

“Banyak cara kita untuk mendapatkan rida Allah, salah satunya dengan mencintai Alquran. Dengan sering membacanya dan mengamalkannya,” katanya.

Mang Oded sapaan akrab Oded M. Danial mempunya mimpi besar. Mimpi itu adalah sebanyak 4.000 masjid di Kota Bandung harus memiliki iman yang hafiz Quran. Sehingga ke depannya, SDM Kota Bandung semakin unggul.

“Terutama para penerus bangsa. Anak muda harus mempunyai kemampuan menghafal Alquran. Sehingga masjid di Kota Bandung tidak hanya bangunannya saja yang bagus. Namun, imamnya hafiz Quran dan jemaahnya rajin membaca Alquran,” imbuhnya.

Pesan lainnya, wali kota menyampaikan, membangun Kota Bandung tidak hanya membutuhkan teknologi. Namun, memerlukan SDM yang ungul dari segala bidang. Dengan itu, ia berharap dapat membangun Kota Bandung dengan konsep Allah SWT. Seperti yang disampaikan dalam Alquran surat Alfatir ayat 29.

“Ada tips dalam membangun Kota Bandung, yaitu menggunakan konsep Allah SWT. Dijamin sukses dunia dan akhirat. Dijelaskan dalam surat 35 ayat 29. Yaitu pertama selalu mencintai Alquran dengan rajin membacanya dan mengamalkan, kedua menjalankan shalat dan yang terkahir sisihkan rezeki yang Allah berikan untuk berinfak,” katanya.