Bdg Today

Wakil Walikota Bandung :Kang Yana :Pejabat mah itu Hanya Amanah Aja,

184views

Bdgtoday/Minggu (18/8/2019) pagi itu, Kang Yana tampak begitu sederhana. Begitu merakyat.

Wakil Wali Kota yang sekarang memikul tanggung jawab sebagai Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, ini datang ke kawasan Car Free Day (CFD) Dago untuk menjadi pembicara sebuah diskusi. Tidak ditemani ajudan, bahkan ia menyetir mobilnya sendiri. Kang Yana hanya ditemani Yunimar Mulyana, sang istri tercinta.

“Biar gak lupa caranya nyetir,” ucapnya sambil mengumbar senyum.

Sopir pribadi dan ajudan sengaja ia liburkan. Ia memang kerap sengaja memberi libur pada dua orang loyalisnya tersebut.

“Pejabat mah itu hanya amanah aja, nanti kalau sudah beres juga saya tetap jadi rakyat biasa. Saya gak mau kena post power syndrome. Jadi ya biasa aja tidak usah berlebihan,” ujarnya.

Dari kawasan Dago, Kang Yana lantas menuju CFD Buahbatu untuk menghadiri rangkaian acara ulang tahun sebuah organisasi massa (ormas). Dia bersama istri menyempatkan untuk berjalan menyusuri CFD. Namun karena banyak yang menyapa dan mengajak berfoto, Kang Yana dan istri sempat terpisah.

Namun dari kejauhan, Yunimar sudah melambaikan tangan dengan membawa sebuah tentengan di tangan kirinya. Tentengan dari anyaman bambu tersebut berisi tahu Sumedang yang kemudian dia juga bagikan kepada sejumlah warga.

Tak puas dengan tahu Sumedang, Yunimar bersama Kang Yana kemudian terhenti di meja penjual singkong goreng. Sambil melayani foto bersama dan berbincang dengan pengunjung CFD Buahbatu, Kang Yana tetap menikmati singkong goreng.

“Saya mah apa aja yang penting enak, mau di pinggir jalan atau di mana saja nggak masalah. Mewah itu relatif, bagi saya ini juga bisa dibilang mewah,” ucapnya sambil kembali menyantap singkong goreng.

Waktu senggang seperti ini sering ia manfaatkan untuk pergi berdua bersama istri. Jika memungkinkan kedua anaknya pun ikut serta diboyong. Walaupun hanya sekadar berburu kuliner di Kota Bandung.

“Kalau agendanya lagi landai (tak padat) ya pergi bawa kendaraan sendiri, ya paling cari makan sama istri, kadang berempat. Saya tetep saja rakyat yah, hanya kebetulan sekarang sedang menjalankan amanah saja,” katanya.*