Info Terkini

Tahu Sama Tahu, Rasa yang Membedakan Tahu Cibuntu

189views

BDG TODAY / Kota Bandung memiliki banyak jenis kuliner yang bikin lidah bergoyang. Termasuk kuliner yang berbahan dasar kedelai, yaitu tahu. Salah satu tahu yang sudah terkenal adalah, tahu Cibuntu.

Tahu ini diproduksi di Kelurahan Warung Muncang, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung. Sebanyak 60 pengrajin tahu terdata di Kelurahan Warung Muncang. Omzet mereka mencapai puluhan juta rupiah per bulan.

Para pelaku industri tahu di daerah ini sudah melakukan usahanya turun-temurun puluhan tahun yang lalu, terhitung sejak tahun 60-an. Tidak heran jika daerah ini dikenal dengan nama Blok Tahu. Memang, di Kota Bandung untuk memberi ciri suatu lokasi penghasil produksi sesuatu, biasanya diberi nama blok ataupun tugu.

Hal yang membedakan tahu Cibuntu dengan tahu produksi tempat lainnya terletak pada rasanya. Tahu Cibuntu diproduksi dengan bahan baku berkualitas dan proses yang dijaga ketat.

Air yang digunakan untuk tahu Cibuntu ini berasal dari sumur atau artesis yang berkualitas baik. Selain itu, tahu ini menggunakan pengawet alami yang berasal dari kunyit. Sehingga tahu Cibuntu ini tidak berbau, gurih alami.* (ds)