Bdg Today

Satgas Citarum Sub Sektor 10-22 Adakan Kegiatan Karya Bakti di Wil. Kelurahan Sindangjaya Kec. Mandalajati

185views

Bdgtoday.com/BANDUNG,  –  Satgas Citarum Harum Sub 10 Sektor 22 pagi ini melaksanakan giat karya bakti membersihkan parit/saluran air yang bermuara ke Sungai Cilintung di wilayah Rw 05,07, 08, 09 Kelurahan Sindangjaya Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung. Sabtu (20-07-2019)

Giat ini dilaksanakan berawal saat Dansub 10 (Sersan Maman Komarudin) bersama anggota melaksanakan patroli sungai pagi hari, tepatnya di Sungai Cilintung wilayah RW. 09 Kelurahan Sindangjaya.

Sersan Maman Komarudin, (Dansub 10) menyampaikan, “Menjumpai aliran air dari selokan yang berwarna sangat hitam pekat, spontan Dansub dan anggota bergerak menyusuri aliran air tersebut, setelah bergerak -+ 250 M, dijumpai sumber air yang berwarna hitam pekat berasal dari salah satu saluran rumah warga (dugaan awal).” jelasnya.

“Namun setelah kami coba hubungi Ketua Rt dan Sekertaris RW setempat, ternyata saluran air tersebut bukan dari warga perorangan, namun saluran air/parit dari warga Rw 08 yang sudah sekian lama mampet, sehingga warna air menjadi hitam pekat dan menimbulkan bau yang cukup menyengat” jelas Maman.

Tokoh masyarakat (H. Suherlan), yang pernah menjabat Ketua RW dua periode di wilayah tersebut berembug dengan warga yang menghasilkan putusan perlu adanya karya bakti pembersihan parit.

“Atas dasar temuan tersebut, masukan dari saya, agar selokan/parit yang berada di wilayah tersebut memohon agar di pelopori oleh tim satgas citarum untuk membersihkannya” ucap Suherlan.

 


“Hasil kegiatan  karya bakti telah dibersihkan saluran air yang bermuara ke Sungai Cilintung sepanjang +- 400 M dan terangkat sampah plastik dan botol bekas minuman sebanyak 10 karung (250kg)” Pungkas Maman.