Bdg Today

Meski Harga BBM Turun “Tetapi Tidak Mempengaruhi Harga Barang”

36views

Bdgtoday.com/ BANDUNG-Hasil pemantauan dan pengamatan masyarakat , menilai penurunan kembali harga bahan bakar minyak tidak mempengaruhi harga barang di pasar, seperti harga Sembilan Bahan Pokok (SEMBAKO) terutama harga beras ,kecuali pemerintah membuat kebijakan penetapan harga eceran tertinggi.

“Perhitungan itu mengacu pada lazimnya perusahaan membuat perhitungan biaya produksi dan harga jual untuk awal tahun baru sejak akhir tahun dengan mengacu pada kondisi yang berlangsung dan berbagai isu,” katanya.

Isu dan kenaikan BBM sudah berlaku sejak 2014 sehingga penetapan harga produksi termasuk upah pekerja telah mengacu pada angka-angka tersebut.

“Kebijakan Pemerintah menurunkan harga BBM memang sudah tepat karena faktanya memang harga minyak mentah turun.Tetapi langkah Pemerintah itu dinilai tidak akan menurunkan harga berbagai barang,”kata Dosen Fakultas Ekonomi Universitas di Bandung.

Apalagi, katanya Pemerintah selama ini menerapkan kebebasan harga jual di pasar dan nilai tukar dolar AS terhadap Rupiah masih menguat sehingga bahan impor tetap mahal.

“Harga tidak akan turun atau bisa dikendalikan, kecuali Pemerintah membuat Harga Eceran Tinggi (HET) bagi harga barang termasuk sembako (sembilan bahan pokok) seperti zaman Pimpinan Pemerintahan yang terdahulu  bisa menguatkan nilai Rupiah,”katanya.

Wahyu mengakui, pembuatan HET memang akan sulit dilakukan dewasa ini karena era global termasuk adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN yang sudah dimulai tahun ini.

Menurut dia, yang terbaik dilakukan Pemerintah saat ini adalah memperketat pengawasan di pasar dan berkoordinasi serta bekerja sama dengan para distributor dan produsen.

“Jangan sampai harga malah semakin naik dengan cara spekulan menggangu pasokan sehingga barang sulit di dapat yang otomatis membuat lonjakan harga,”katanya.(Der)*