Bdg Today

Kol. Inf. A. Rahman Taufik (Dansektor 22 Citarum Harum) Memantau Terus Pembibitan Pohon di dago Resort

175views

Bdgtoday.com/ BANDUNG, – Kol. Inf. A. Rahman Taufik Dansektor 22 Citarum Harum selasa pagi memantau kembali lokasi lahan tempat pembibitan pohon untuk penghijauan di Dago Resort Kabupaten Bandung ,Selasa (5-02-2019) .

Lokasi lahan pembibitan Sektor 22 sub 15 bidang pembibitan wilayah Dago Resort Kabupaten Bandung, lakukan penataan dan pemeliharaan benih tanaman dengan spesifikasi jenis dan jumlah tananaman.

Komandan Sektor (Dansektor) 22 Citarum,  menyampaikan pada awak media, tentang Kinerja dan kegunaan pembibitan,

Sektor 22 sudah membinihkan kurang lebih sekitar 900.000 bibit dari 41 jenis pohon, termasuk  Pohon Tarum yang sempat hilang keberadaannya di Jawa Barat, namun demikian kita sekarang sudah menemukan kembali pohon tarum awalnya ditemukan di Purwokerto.

Dalam kesempatan tersebut ada permasalahan yang sangat krusial untuk menangani kerusakan hutan yang beralih fungsi menjadi lahan pertanian yaitu sayur-sayuran ,

Tanaman keras tersebut punya fungsi untuk menyimpan dan menyerap air, kini sudah sangat kurang di wilayah Bandung utara, di wilayah ini kurang lebih ada 1900 hektar yang perlu kita perhatikan bersama dan kita hijaukan kembali, kalau ini sudah terwujud tentunya erosi ke hilir ke muara muara yang bertemu dengan Sungai Citarum akan tereliminir dan mengurangi terjadinya sedimentasi.

Kalau sudah terwujud hijaunya kembali hutan Kawasan Bandung Utara maka dari sisi udara atau oksigen akan menyumbang besar kepada kota Bandung dan sekitarnya, ini adalah salah satu upaya untuk mengatasi atau mencari solusi bagaimana lahan-lahan kritis yang saat ini sudah dimiliki oleh perorangan, tentunya kita harus melakukan pendekatan, melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar mau menerima pohon keras untuk ditanam di lahan masing-masing.tutur Dansektor 22.(ds)*