Acara

Hackathon Bandung Lautan API by Disbudpar Kota Bandung

482views

Akselerasi Industri Kreatif, Disbudpar Kota Bandung Tantang Developers untuk Berkompetisi di Bandung Lautan API

Bandung, Jawa Barat — Ekonomi kreatif dan sektor wisata adalah dua hal yang saling terkait dan dapat bersinergi jika dikelola dengan baik. Namun, masih banyak kendala di ekonomi kreatif, salah satunya adalah minimnya platform persebaran informasi. Disbudpar Kota Bandung sudah meluncurkan Patrakomala sebagai portal pemetaan dan database industri kreatif, namun inovasi-inovasi dalam bidang teknologi informasi, khususnya pengembangan aplikasi, masih sangat diperlukan.

Disbudpar Kota Bandung dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menantang para developers untuk berpartisipasi di Bandung Lautan API, rangkaian acara untuk mengakselerasi industri kreatif Kota Bandung. Bandung Lautan API akan diselenggarakan pada 6-7 Oktober 2018 di Atlantic City Hotel, Jl. Pasir Kaliki No.126, Arjuna, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.

Rangkaian acara Bandung Lautan API terdiri dari tiga acara utama: pertama, kompetisi Bandung Lautan API Hackathon yang terbuka bagi software developers; kedua, pelatihan Google Gapura Digital yang terbuka bagi pengusaha-pengusaha UMKM, dan; ketiga, peluncuran dan sosialisasi soal Patrakomala sebagai portal pemetaan dan database ekonomi kreatif di Kota Bandung.

Bandung Lautan API Hackathon adalah kompetisi programming yang dimulai dari tanggal 6 dan berakhir 7 Oktober. Kompetisi yang berformat “hackathon” ini mengusung tema “Amplifying Bandung Creative Industry Using Patrakomala Database to Promote Tourism” dan menargetkan 150 peserta yang terdiri dari 50 tim dari industri pengembangan aplikasi, baik komunitas maupun startup. Hasil yang diharapkan dari kompetisi ini adalah purwarupa aplikasi kreatif, orisinal, dan solutif memecahkan masalah-masalah ekonomi kreatif yang terintegrasi dengan portal Patrakomala Disbudpar Kota Bandung. Calon peserta Bandung Lautan API Hackathon dapat mendaftarkan diri di tautan bit.ly/BandungLautanAPI.

Google Gapura Digital

Tak hanya lirik developers, rangkaian acara Bandung Lautan API juga menyelenggarakan Google Gapura Digital. Google Gapura Digital adalah pelatihan bagi pengusaha UMKM kepada platform digital. Materi yang akan disampaikan di Google Gapura Digital meliputi pengenalan dunia digital untuk pemasaran, pengenalan layanan-layanan Google yang dapat mendukung UMKM, hingga dasar-dasar pemasaran daring seperti SEO dan SEM. Calon peserta Bandung Lautan API Hackathon dapat mendaftarkan diri di tautan bit.ly/BandungLautanAPI.

Tentang Patrakomala

Patrakomala adalah sebuah portal informasi dan pemetaan badan usaha ekonomi kreatif di Kota Bandung yang diluncurkan oleh Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Ekraf Disbudpar) Kota Bandung.

Patrakomala menghimpun informasi dan data dari seluruh pelaku ekonomi kreatif di enambelas subsektor industri kreatif Kota Bandung, lalu memetakannya menjadi pusat informasi yang mudah diakses bagi segala pihak yang terlibat, baik investor, pemangku kepentingan, maupun khalayak umum. Patrakomala juga menyajikan berita-berita terkini seputar kegiatan dan seluk beluk industri kreatif di Kota Bandung.

danixsofyan
Founder bdg today