Bdg Today

Groundbreaking Gedung Pusat Kebudayaan Tionghoa

211views

Bdgtoday/Bandung – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meresmikan prosesi groundbreaking pembangunan Gedung Pusat Kebudayaan Tionghoa Indonesia oleh Yayasan Dana Sosial Priangan di Jln. Suryani Dalam No. 99 Bandung, Minggu (19/1/2020).

Wali kota berharap Gedung Kebudayaan Tionghoa bisa menampung segala aktivitas budaya Tionghoa baik dalam konteks pelestarian dan pengembangan maupun sebagai pendorong industri Pariwisata bagi Kota Bandung.

Yayasan Dana Sosial Priangan.(YDSP) akan membangun Gedung Pusat Kebudayaan Tionghoa Indonesia di Jalan Suryani, Kota Bandung. Peletakan batu pertama dilakukan langsung oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial didampingi Ketua Yayasan, Herman Wijaya beserta pimpinan dari berbagai instansi.

Ketua Yayasan Dana Sosial Priangan, Herman Wijaya mengatakan dengan adanya gedung pusat kebudayaan Tionghoa diharapkan masyarakat bisa lebih mengenal dan melestarikan budaya Tionghoa. Terlebih budaya tersebut sudah melekat di kehidupan masyarakat Indonesia.

“Pembangunan ini juga menjadi sarana mengembangkan potensi (budaya) sehingga berdampak kepada kemajuan budaya nusantara yang beragam,” ujarnya di sela-sela acara peletakan batu pertama,

Menurutnya, pembangunan gedung psat budaya Indonesia akan diisi oleh fasilitas seperti rumah pertunjukan, ruang pameran dan ruang pertunjukkan serta kelas. Ia berharap fasilitas-fasilitas tersebut bisa meningkatkan pengetahuan tentang Tionghoa.

“Akan dibuat pusat kajian Tionghoa melibatkan pakar dari berbaga institusi,” katanya.