Pilihan Redaksi

GM FKPPI Jabar bersama Dinas Damkar Kab. Bandung Barat Adakan Pelatihan Simulasi Penanggulangan Kebakaran

79views

bdgtoday.com/ KAB. BANDUNG BARAT – Sejumlah 100 peserta anggota Satuan Relawan Pemadam Kebakaran (Satlakar) dari PC GM FKPPI Kabupaten Bandung Barat dan puluhan anggota petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bandung Barat adakan pelatihan Simulasi penanggulangan terjadinya Kebakaran bertempat di halaman Kantor Dinas pemadam kebakaran Kota Baru Parahyangan Minggu,13/6-2021.

Dalam kesempatan acara terbesebut Ketua GM FKPPI Provinsi Jawa Barat Agus Windu Hanggono, ST dan Kepala Dinas Damkar & Penyelamatan KBB. Drs. Meidi, M.Si bersama Komandan pusdiklatssus kopasus yang diwakilkan oleh Aser kopasus bapak Mayor. Mustafa.

Dalam upacara sebelum pelaksanaan pelatihan simulasi penanganan kebakaran dilaksanakan Ketua GM FKPPI Jawa Barat Agus Windu Hanggono, ST bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Pemerintah  Kabupaten Bandung Barat , melaporkan bahwa kegiatan  pada hari ini para peserta terdiri dari Generasi Muda FKPPI Pengurus cabang Kabupaten Bandung Barat sebanyak 30 anggota, Pengurus cabang Kota Bandung sebanyak 20 anggota, Pengurus Cabang Sumedang Sebanyak 10 anggota , Karyawan dan karyawati PT. WINERGI sebanyak 20 Anggota di tambah Instruktur dari Dinas Pemadam kebakaran Kabupaten Badung Barat . Sebanyak 20 Anggota Ini belum termasuk 23 Pengurus cabang dan 266 rayon yang tersebar di wilayah Jawa Barat, karena dibatasi oleh kondisi protokol kesehatan yang lagi pada posisi meningkat, Total peserta pada hari ini sebanayak 100 anggota. Peserta akan diberikan Pengetahuan dan pembinaan teori dan praktek, sehingga dapat bermanfaat untuk anggota dan pada umumnya masyarakat indonesia. Kata Ketua GM FKPPI Jabar.

 

Agus Windu Hanggono selain menjadi Ketua PD X GM FKPPI Jabar berilau menjabat sebagai Direktur utama PT Winergi, dalam kesepatan tersebut menjelaskan tujuan kegiatan ini spontan dan bersinergi maka ada makna dan tulisan dari slogan yang harus kita tanamkan kepada semua anggota, bahwa PT Winergi slogan inside of energi  (energi dalam).

Dan yang kita tanamkan pada setiap anggota dengan kalimat “Lebih baik pulang nama dari pada gagal di medan laga” dan “Pantang Pulang Sebelum Api Padam”. Kata Agus Windu

Sehingga kita tetap menjadi Solid, Kuat, Militan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk melaksanakan kegiatan pelatihan dasar dan simulasi penanganan pemadam kebakaran dan pembagian masker untuk masyarakat sekitar yang hadir.

Sementara Kepala Dinas Damkar & Penyelamatan KBB. Drs. Meidi, M.Si ,mengatakan kegiatan Simulasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana mencegah kebakaran serta melatih kesiapsiagaan dalam menangani kebakaran. “Sengaja kami libatkan masyarakat, sebagai pembelajaran sigap kondisi sehingga mampu mengatasi kebakaran yang tidak dapat kita duga datangnya”, jelas Meidi.

“Kadis Damkar menambahkan bahwa Pelatihan Satlakar ini sangat bermanfaat, jadi pada saat terjadi kebakaran tidak hanya mengandalkan petugas saja, masyarakat pun sudah mengetahui tentang bahaya kebakaran dan penanggulangannya.

“Maksud dan tujuan kegiatan pelatihan Simulasi penanggulangan kebakaran adalah upaya yang sering kita lakukan adalah mengajak, menghimbau serta memotivasi masyarakat agar mau peduli terhadap lahan-lahan kritis yang ada di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

Penutup dalam sambutan sambutan acara yang sama , Komandan pusdiklatssus kopasus yang diwakilkan oleh Aser kopasus bapak Mayor. Mustafa  berharap dalam pelaksanaan pelatihan simulasi penanganan penanggulangan bahaya kebakaran ini ,semoga  bisa menjadi sebuah warisan yang baik dan investasi bagi generasi yang akan datang”, pungkasnya .