Bdg Today

DPRD Jabar Dorong Peningkatan Pariwisata Pada West Java Calendar Event 2020

122views

Bdgtoday/Bandung- DPRD Provinsi Jawa Barat mengapresiasi serta mendorong penyelenggaraan ‘West Java Calendar Event 2020’ yang berpotensi membangun Jawa Barat.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Bedi Budiman menyebutkan, Dengan adanya event di Jabar pada 2020 nanti merupakan potensi yang sangat luar biasa. Ada 168 event di Jabar dapat dikembangkan pada bidang pariwisata. “Kami menyambut baik dengan adanya calender event ini sangat positif untuk sektor pariwisata yang multidimensi,” ujar Bedi di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Rabu (23/1/2020).


Dia menambahkan, sektor penjualan, hotel, dapat dimanfaatkan pariwisata dan seni budayapun turut terdorong. Sehingga, potensi ini daya tarik untuk datang ke Jawa Barat. “Kami mensupport penuh, melakukan langkah koordinasi lintas bidang. Berkoordinasi dengan pemerintah desa misalnya. Dimanapun lokasinya dapat dijadikan lokasi wisata, selama pemerintah desa dan pihak terkait dapat bersinergi,” katanya.


Kedepan, lanjut Bedi, pariwisata dapat menjadi primadona utama sektor pendapatan di Jabar. Selain itu, negara yang tujuan wisata pasti akan memperhatikan lingkungannya yang selalu dijaga. “Poin pentingnya, aspek lingkungan akan terperhatikan juga, sehingga ini pun mendongkrak sektor lainnya,” ucap politisi PDI Perjuangan itu.


Hal serupa diungkapkan Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat, Cucu Sugyati. Menurut dia, event tersebut seiring dengan potensi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jawa Barat. Sektor yang bisa dikembangkan khususnya bidang BUMD bisa berkolaborasi dengan yang lainnya. “Kami mensupport kegiatan yang membangun Jabar, potensi kekayaan alam yang luar biasa dengan adanya event ini justru dapat menarik para wisatawan. Bahkan, di targetkan wisatawan yang datang ke Jabar diatas 50 ribu,” ujar Cucu.


Dia mengharapkan, kegiatan event tersebut dapat lebih ditingkatkan. Terlebih even yang memprioritaskan untuk membangun sektor kreatif yang ada di Jabar.
“Apalagi kalau program kegiatan mengedepankan ekonomi kreatif,” tandasnya.