Bdg Today

Dinas Pekerjaan Umum Segera Perbaiki Tanggul Cisanggarung yang Jebol

158views

Bdgtoday/Bandung – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung akan melakukan tindakan tanggap darurat memperbaiki tanggul Sungai Cisanggarung yang jebol, Minggu (10/2/2019) dini hari. Akibat tanggul jebol, sebanyak tiga rumah warga yang dihuni 3 kepala keluarga (KK) di RT 06/RW 02 Kelurahan Pasirimpun, Kecamatan Mandalajati mengalami kerusakan.

“Kami sudah melakukan survei kelengkapan peralatan yang dibutuhkan untuk perbaikan,” kata Kepala DPU Kota Bandung, Arif Prasetya S. kepada humas.bandung.go.id, Minggu (10/2/2019) malam.

Perbaikan, lanjut Arif, akan dilakukan secepatnya. Apabila peralatan sudah siap, perbaikan akan dilakukan pada Senin (11/2/2019).

Sedangkan untuk tanggul di kawasan Pasirjati, Kabupaten Bandung yang jebol hingga mengakibatkan banjir bandang di Komplek Jati Endah Regency, Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, sudah dilakukan penanganan tanggap darurat oleh BBWS dan DPU Kabupaten Bandung.

Sementara itu, akibat tanggul Sungai Cisanggarung jebol, air meluap ke jalan di permukiman warga. “Kejadiannya Minggu (10/2/2019) sekitar pukul 00.12 WIB. Tidak ada korban jiwa pada musibah ini,” kata Kasi Kesos Kelurahan Pasirimpun, Fitryana.

Menurut Fitryana, tiga rumah yang dihuni oleh Uya, Yaya, dan Supardi mengalami kerusakan. “Diperkirakan kerugian yang dialami pemilik rumah sekitar Rp100 juta, karena lantai rumah mereka terangkat dan barang-barang elektronik mengalami kerusakan,” ujarnya.

Meskipun ketinggian air sudah surut, Fitryana berharap perbaika bisa segera dilakukan. “Informasi dari BMKG, curah hujan di Kota Bandung masih tinggi. Kita mengantisipasi hujan deras yang bisa menyebabkan banjir,” katanya.(ds)*