Bdg Today

Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Arhanud 3 Ke 59 Adakan Karya Bhakti Bersihkan Sampah Di Sungai Ciharalang Kota Bandung

708views

Bdgtoday.com/ Bandung-Dalam Rangka HUT  Arhanud 3/YBY Ke 59 Ada  Bersama Sektor 22 Citarum Adakan   Karya Bhakti Bersihkan Sampah di Kali Sungai Yang Ada di Bandung.Senin,17/6-2019.

Sektor 22 Citarum Harum bekerjasama dengan Jajaran  Batalyon Arhanud 3 Siliwangi Adakan Karya Bhakti  bersama warga masyarakat GOBER Kelurahan Cigadung dan Kelurahan Sukapada Kecamatan Cibeunying Kidul dan Wilayah Kelurahan Kujangsari Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung. .

Karya Bhakti yang dilaksnakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Arhanud 3 Siliwangi  yang ke 59 sebelumnya diawali dengan arahan yang pimpin  Lettu Arh Peris Simanjuntak  Pasi-1/Intel Yon Arhanud 3 Siliwangi   bertempat diarena parkir Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra Bandung yang dihadiri warga GOBER dari Kelurahan Cigadung dan Kelurahan Sukapada Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung.

Jajaran Tim  Batalyon  Arhanud 3 Siliwangi bersama Sub Sektor 22 Citarum Harum turun kesungai menangani dan membersihkan sampah yang bertumpuk di sungai Ciharalang Cidurian dengan tujuan  melestarikan Lingkungan hidup sesuai Program Citarum Harum yang selalu ditangani setiap saat oleh para Dansektor termasuk Sektor 22 yang mengacu pada Perpres nomor 15 tahun 2018 yang ditindak lanjuti oleh pimpinan Dansektor 22 Kol.Inf. Asep Rachman Taufik.

Dengan kegiatan yang sama Pelaksanan Karya Bhakti bersihkan sampah di Kali Sungai Ciateul Kujangsari.

Pelaksanaan Karya Bhakti di wilayah Kelurahan Kujangsari Kecamatan Bandung Kidul Senin,17/6-2019

Dalam kesempatan acara Karya Bhakti tersebut  awak media yang terdiri dari beberapa Media online diantaranya media 60 menit.com,  Swarabandung.Net Bdgtoday.com dan media kabarbhayangkara.com ,       Lettu Arh Peris Simanjuntak  Pasi-1/Intel Yon Arhanud 3 Siliwangi mengatakan, bahwa dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun  yang ke 59  Arhanud 3 Siliwangi ,kami dan sejumlah jajaran Batalyon yang bertugas  untuk melaksanakan Karya Bhakti dilingkungan pemukiman  Warga Kelurahan Cigadung dan Kelurahan Sukapada serta tim  dari Sub sektor 22 Citarum bersma Batalyon Arhanud 3 Siliwangi membersihkan  sampah yang berada di aliran   sungai kali Cidurian yang  akan mengalir ke Sungai Citarum .

Dalam rangka Hari Ulang Tahun Batalyon Arhanud 3 /YBY yang ke 59 mengadakan Karya Bhakti dibagi tugas dari wilayah Kelurahan Cigadung dan Daerah RW. 04  Kelurahan Sukapada Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung, dalam kegiatan Karya Bakti pada kegiatan hari ini kami menurunkan 20 orang personil untuk kolaborasi bersama warga di Kelurahan Sukapada dan daerah Cigadung di mana Sekitar 50 orang ditambah juga dari personil Satgas Citarum harum dan Koramil 02 Cikutra. tutur Lettu Arh Peris Simanjuntak.

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi serta untuk lebih meningkatkan sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat di mana dengan adanya kegiatan ini akan lebih memacu dan memotivasi masyarakat di sekitar sini untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan dan kesehatan diri terutama anak-anak dan sungai.

Dengan adanya Satgas Citarum harum sendiri sudah mulai ada peningkatan dan kami harap dengan  adanya kegiatan kerja bakti ini bisa lebih meningkatkan kebersihan dan kesadaran dari masyarakat sekitar. tuturnya

Sementara pihak kelurahan Sukapada Kecamatan Cibenying Kidul Kota Bandung Rina Hikmah Kurniasih  saat dijumpai awak  media mengatakan  sangat berterima kasih sekali dengan adanya Karya Bhakti yang dilaksanakan     jadi disini kita terjalin antara warga dan seluruh lapisan masyarakat di Kelurahan Sukapada dan saya sangat berterima kasih sekali dengan adanya Karya Bakti Manunggal TNI ini dimana saling kerjasama.

Lingkungan kebersihan khususnya di Kelurahan Sukapada dan umumnya di kota Bandung juga dalam rangka upaya penanganan Citarum harum.

Pihak Kelurahan sangat  setuju sekali dengan kegiatan Citarum harum Alhamdulillah kalau di kelurahan sukapada.

Gorong-gorong nya rutin setiap hari membersihkan jadi alamiah seperti yang  sekarang lihat airnya sudah bening ,baik yang di Cidurian Ciharalang dan di Parongpong.

Yang sangat kami sayangkan kesadaran masyarakat membuang sampah nya masih jauh ya jadi masyarakat masih se enaknya saja lempar gitu saja kesungai ,kan payah kalau gitu. Tutur Rina.

Bahkan pihak Kelurahan Sukapada sudah sering mensosialisasikan Program Kang pisman juga yang dicanangkan Pemerintah Kota Bandung, bahwa sampah bisa menjadikan uang bila di olah.

Ini aja kerjasama dari kabupaten Bandung karena kalau daerah Sukapada lokasinya ada diperbatasan Kabupaten Babdung dengan kota Bandung , Karen banyak sampah limpahan dari kabupaten Bandung itu termasuk  banjir yang pernah terjadi kemarin dan orang yang lewat juga itu kebanyakan nggak tau warga mana yang bawa sampah sudah pake kantung plastik main lempar sembarangan. Tambah Rina.

Pihak Kelurahan sudah sering melihat orang membuang sampah sembarangan kebetulan  yang mrmbuang sampah  memang   warga-warga luar dari warga Kelurahan Sukapada tapi ada juga   yang buang sampah disepanjang kali Cidurian  kita sudah  beberapa orang juga kena Operasi Tangkap Tangan (OTT) tapi yang dilakukan sanksi kita memberikan sosialisasi cara buang sampah pada tempatnya.

Pesan dari pihak Kelurahan Sukapada kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung, Pihak yang terkait dengan Program Citarum Harum harus terus mensosialisasikan agar semua warga paham akan bahaya sampah yang dibuang di Sungai akan mengakibatkan bencana banjir dan akan bertentangan dengan progtam Citarum Harum.(ds)*