Bdg TodayInfo Terkini

Aktif Promosikan Kota Bandung

106views

Bdgtoday/

Rabu, 14 November 2018

 


Belief, Diplomasi Aktif Promosikan Kota Bandung

WAKIL Wali Kolta Bandung, Yana Mulyana bersama peserta Bandung Encouragement on Health and Leadership Forum (Belief), di Auditorium Balai Kota Bandung, Kamis (14/11/2018).*

Kota Bandung – Diplomasi aktif menjadi pilihan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk mempromosikan Kota Bandung ke luar negeri. Salah satunya lewat penyelenggaraan Bandung Encouragement on Health and Leadership Forum (Belief) pada 14-17 November 2018.

Belief merupakan salah satu upaya Kota Bandung menyejajarkan diri dengan kota-kota lain di dunia. Hal ini penting agar Kota Bandung terus memacu diri agar mampu bersaing secara global.

Belief yang digelar di Auditorium Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana, dibuka oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Rabu (14/11/2018). Sebanyak 47 peserta dari 4 negara mengikuti kegiatan ini. Mereka yang berasal dari negara-negara yang menjalain hubungan “sister city” dengan Kota Bandung, yakni Suwon, Korea Selatan; Petaling Jaya, Malaysia; dan Liu Zhou, China merupakan anak muda berusia 15-20 tahun yang tertarik di bidang kesehatan dan kepemimpinan.

Belief terdiri dari serangkaian workshop dan diskusi tentang tema kesehatan. Para peserta akan diajak untuk membuka wawasan di bidang kesehatan, turut andil dalam isu-isu kesehatan, khususnya di negara-negara peserta. Selain itu juga membangun jejaring untuk kemitraan jangka panjang di masa mendatang.

Kepala Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah Kota Bandung, Dodit Ardian Pancapana mengungkapkan, kegiatan merupakan wujud upaya Kota Bandung menyejajarkan diri dengan kota-kota lain di dunia. Hal ini penting agar Kota Bandung terus memacu diri supaya mampu bersaing secara global.

“Umumnya apabila pemuda berangkat pertama kali ke luar negeri, negara pertama akan memberi kesan mendalam seumur hidup baginya. Maka dapat dibayangkan, apabila dalam waktu 20 tahun ke depan saat para pemuda tersebut menjadi pemimpin pada berbagai sektor di negaranya masing-masing, mereka akan menjadikan Bandung sebagai pilihan pertama atau setidaknya barometer sebelum menentukan bekerja sama dengan negara lain,” ujar Dodit.

Investasi itulah yang ingin dikejar Pemkot Bandung untuk melebarkan sayap Kota Bandung di level internasional. Ia berharap kegiatan ini bisa mencetak duta-duta yang akan mempromosikan Kota Bandung di kancah dunia.

“Dalam jangka pendek diharapkan akan mengenal budaya hidup sehat dan tentang Kota Bandung. Mulai dari masyarakat hingga pemerintahnya, bersama-sama mewujudkan kata sehat ini. Dalam jangka panjang, program ini menyasar pasar Asia karena potensinya yang sangat besar untuk berinteraksi di bidang ekonomi, pendidikan, pariwisata, dan budaya di masa kini dan mendatang,” katanya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Bandung mengajak kepada para peserta untuk menikmati suasana Kota Bandung yang nyaman dan aman. Usai mengikuti kegiatan ini, Yana ingin agar para peserta menceritakan pengalamannya kepada teman-temannya saat kembali ke negaranya.

“Selamat menikmati Kota Bandung yang ramah dan bersejarah. Karena pengalaman yang kini didapat oleh adik-adik kita ini suatu saat akan dipanen di masa depan, meninggalkan kesan yang mendalam untuk mereka,” kata Yana saat membuka Belief.(ds)*