Info Terkini

Sektor 22 Citarum Harum Adakan Kegiatan Kukuyaan Bersihkan Sungai Cikapundung Wil .Tamansari Bdg

413views

Bdgtoday.com/BANDUNG,  – Kegiatan Sektor 22 Citarum Harum dalam penegakkan dan penertiban kebersihan sungai dan bantarannya saat ini satgas sektor 22 lakukan Kukuyaan dengan komunitas peduli lingkungan yang ada di kota Bandung untuk bersihkan Sungai Cikapundung wilayah Kelurahan Taman Sari Kecamatan Sumur Bandung. Sabtu (26-01-2019

Kegiatan Kukuyaan yang diawali dari RW.07 hingga RW.18 Kel. Tamansari oleh sektor 22 di wilayah Subsektor 12 yang dipimpin oleh Pelda Endang Suryana, dimulai pada jam 08.00 hingga Jam 11.00 diakhiri dengan botram (makan nasi liwet bersama) sebagai bentuk kepedulian dan dukungan dari warga terhadap kinerja Sektor 22 Citarum Harum.

Sektor 22 Citarum ajak masyarakat kukuyaan disekitar sungai Cikapundung sepanjang 2 Km di wilayah kelurahan Tamansari Bandung, Sabtu 26/1-2019* (Dok. sektor 22)

Kukuyaan adalah istilah dari Dialek Sunda yang artinya bermain seperti kuya (Kura kura : Indonesia), layaknya kura-kura bermain di air, sehingga Komonitas Kukuyaan mengambil istilah ini sebagai gerakan untuk pembersihan sungai sebagai gerakan dari komunitas peduli lingkungan

Sektor 22 Citarum Harum ajak masyarakat sekitar untuk melakukan pembersihan sungai Cikapundung sepanjang 2 Km yang di mulai dari RW. 07 Hingga RW. 18 Kelurahan Tamansari Kota Bandung dengan cara Kukuyaan (Naik Pelampung Ban : Arung Jeram) sebanyak 99 orang yang turun langsung ke sungai untuk bersihkan sampahnya.

Dalam kegiatan ini Komandan Sektor 22 Citarum Harum (Kol. Asep Rahman Taufik) turun langsung memimpin Pembersihan Sungai dibarengi dari LSM Manggala, Gober Tamansari, Komunitas Cikapundung (Kukuyaan) dan Masyarakat RW.15, sehingga sampah terangkat dari sungai sebanyak 300 Kg diangkut langsung oleh pasukan Gober Tamansari ke TPS terdekat.

Nenah seorang warga RW.15 Kel. Tamansari saat di wawancarai 60menit.com, menyampaikan “Hanya tentara yang bisa menertibkan masyarakat pembuang sampah, karena kalo sama kita dia itu akan melawan, malah pernah balik marah dengan ngeluarin golok” jelasnya.

“Hari ini masih banyak warga yang bekerja, kalo kegiatan ini diadakan hari libur pasti warga kami akan ikut turun ke sungai bersihkan sampah” Imbuh Nenah.

Disela-sela kegiatan Kol. Inf. Asep Rahman Taufik (Dansektor 22 Citarum) mengatakan, “Sebagi bentuk dukungan dari komunitas kukuyaan untuk membersihkan sampah di Sungai Cikapundung ini sangat asyik karena dengan naik pelampung ban kita seperti wisata arung jeram, namun airnya masih kotor, memang bila dibandingkan 8 bulan kebelakang saat ini lebih bersih” jelasnya

“Dengan kontur sungai yang mengasyikkan kedepannya saya harap Sungai Cikapundung ini bisa dijadikan Destinasi Wisata, yang jelas masyarakat dan pemerintah harus ketat dalam menjaga kebersihan sungai terutama dalam sampah domestik dan warga pembuang tinja langsung ke sungai” Harap Dansektor 22.(dn)*