Bdg Today

Petugas kebersihan di Kota Bandung Harus Divaksin

33views

Bdgtoday.com/ BANDUNG – Petugas kebersihan di Kota Bandung akan divaksin oleh Biofarma. Sebanyak 1.650 petugas mulai dari penyapu jalan hingga pengangkut sampah akan divaksin tetanus dan flu mulai pekan depan. Hal ini dilakukan karena mereka sangat rentan terhadap sejumlah penyakit.

Dikemukakan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Biofarma, Disril Repolin Putra saat beraudiensi dengan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, Rabu (16/1/2019), vaksinasi tersebut merupakan bentuk dukungan kepada Pemerintah Kota Bandung. Kerja sama ini bukan yang pertama kali. Pada tahun 2017 lalu, Biofarma juga memvaksin hepatitis petugas kebersihan.

“Tahun ini kami ingin memvaksin petugas kebersihan karena mereka rentan terkena potensi dampak penyakit. Mereka ini garis terdepan dalam menjaga kebersihan di Kota Bandung,” kata Disril.

Rencananya, vaksinasi akan dimulai pada Senin (21/1/2019) mendatang. Namun lokasi pelaksanaanya masih akan dibicarakan karena ada aturan mengenai vaksinasi tertentu yang harus dilakukan di fasilitas kesehatan.

“Tahun ini kami akan berikan imunisasi flu dan tetanus. Karena ini yang petugas kebersihan butuhkan,” sebutnya.

Mang Oded menyambut baik rencana vaksinasi tersebut. Hal ini merupakan bagian dari bentuk kolaborasi dengan dunia usaha.

“Prinsip dasarnya, Pemkot Bandung bukan hanya mengizinkan melainkan kami sangat gembira karena akan sangat berdampak positif kepada petugas kebersihan,” katanya.

Direktur Utama PD Kebersihan, Deni Nurdyana Hadiman sangat mendukung penuh niat baik Biofarma. Kerja sama kali ini sangat sesuai dengan kebutuhan petugas kebersihan.

“Petugas kebersihan kami sekitar 1.650 orang. Selama ini banyak dari mereka yang terkena tetanus. Sehari-hari mereka bersinggungan dengan sampah yang terkadang ada pecahan kaca yang rentan terhadap tetanus,” tutur Deni.*(ds)*